Sabtu, 04 Mei 2019

Fakta dan misteri gunung api tertinggi di indonesia


Indonesia dikenal dengan negara kepulauan yang luas yang terletak di cincin api pasifik (ring of fire), tak heran jika di indonesia ditemukan banyak gunung berapi. Gunung kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di indonesia. Walaupun sudah berpengalaman menaklukan gunung-gunung, mereka yang benar-benar suka tantangan pasti akan memasukan gunung kerinci kedalam bucket list perjalanannya. Karena tracknya yang menguji nyali, pemanndangan alamnya yang eksotis serta fakta dan mitos yang harus kalian tahu seputar gunung berapi tertinggi di indonesia ini.

1. Gunung Berapi aktif tertinggi di indonesia

Gunung kerinci terletak dikabupaten kerinci, provinsi jambi, dipegunungan bukit barisan, dekat pantai barat dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan padang provinsi sumatra barat. Berada diketinggian 3805 mdpl, gunung kerinci dinobatkan menjadi gunung berapi tertinggi di indonesia sekaligus di asia tenggara. Disana juga terdapat danau gunung tujuh dengan ketinggian 1.996 mdpl, danau ini juga disebut-sebut sebagai danau vulkanik tertinggi se-asia tenggara.

2. Termasuk dalam situs warisan dunia unesco

Gunung kerinci termasuk kedalam taman nasional kerinci seblat (TNKS). Taman nasional kerinci seblat atau biasa di singkat TNKS ini masuk kedalam kawasan konservasi asean heritage site dan world heritage site dari unesco tahun 2004. Tnks juga di tetapkan sebagai situs warisan dunia the tropical rainforest heritage of sumatra (TRHS) pada tahun 2006.

Diketahui, taman nasional kerinci seblat (TNKS) adalah taman nasional terbesar kedua di indonesia dengan luas kurang lebih 1,3 juta hektar dan terletak di empat provinsi, yang mana sebagian besarnya berada di wilayah provinsi jambi. Tnks sendiri merupakan bagian dari pegunungan bukit barisan yang memanjang dari utara ke selatan di pulau sumatra.

3. Medan yang ekstrim

Bukan hanya dikenal sebagai gunung berapi tertinggi diindonesia, gunung kerinci juga terkenal sebagai gunung yang memiliki jalur yang cukup ekstrim. Bukan hanya jalur pendakian yang ekstrim tapi juga cuaca yang tidak terduga menghiasi lika-liku pendakian. Untuk itu persiapan mental dan fisik sangat diperlukan sebelum mendaki gunung ini. sempatkan untuk latihan fisik semaksimal mungkin, karena bayak pendaki yang tidak bisa menyelesaikan perjalannya karena kelelahan.

4. Suhu mencapai 5 derajat Celcius pada saat musim kemarau

Pada saat musim kemarau, suhu udara dipuncak gunung kerinci bisa mencapai 5 derajat celcius. Jika kita memutuskan untuk melakukan pendakian pada saat musim kemarau digunung ini, maka penerapan teknik layering system sangat dibutuhkan. Layering system merupakan cara berpakaian yang tepat dalam saat mendaki gunung. Sistem pelapisan pakaian ini memungkinkan kita dalam mengatur suhu tubuh dengan menyesuaikan lapisan yang dikenakan.

5. Segitiga piramid

Piramid adalah fenomena alam yang merupakan bayangan gunung berbentuk segitiga sempurna. fenomena ini merupakan fenomena optik sederhana, walaupun sederhana tetapi fenomena ini jarang terjadi. Bayangan piramid ini hanya terjadi beberapa menit saja tergantung dengan keadaan cuaca.

6. Gunung ayam dan Danau belibis

Konon katanya, gunung kerinci memiliki anak gunung yang bernama gunung ayam. Gunung ini merupakan salah satu gunung yang letaknya tepat dibawah kaki gunung kerinci yang mempunyai tingkat misteri yang sangat kuat. Dinamakan gunung ayam, karena digunung ini banyak berserakan telur ayam, namun tak satu pun orang berani mengambilnya. Menurut cerita yang berkembang dimasyarakat, apabila orang mengambil telur-telur tersebut maka dapat dipastikan orang tersebut tidak bisa pulang dan akan terus menerus berkeliling digunung tersebut tanpa menemukan arah jalan pulang.

Tak jauh dari gunung ayam terdapat pula danau belibis yang jikalau dilihat dari ketinggian bentuknya seperti batok kelapa. Danau ini juga tidak kalah mistisnya dengan gunung kerinci maupun gunung ayam. Masyarakat sekitar menganggap danau ini bukan hanya sekedar danau, tapi juga menjadi sebagian dari searah tanah kerinci. Ada sebuah cerita yang menyebutkan, bahwa belibis-belibis disekitar danau merupakan perwujudan dari orang-orang yang pernah berkunjung dan tak pernah kembali lagi.

7. Misteri pohon kroak

Pohon kroak atau pohon bolong adalah sebuah pohon besar yang tersambar petir, pohon tersebut tumbang dan meninggalkan tunggul besar kurang lebih setinggi 15m. Dinamakan pohon kroak karena pohon ini memiliki lubang yang lumayan besar. Pohon kroak ini berada dijalur pendakian antara pos 3 dan shelter 1. Saat melintasi jalur pendakian Gunung Kerinci Pohon besar merupakan tempat yang paling ditakuti oleh sebagian besar pendaki Gunung Kerinci. Kenapa tidak, itu dikarnakan banyaknya sosok penunggu yang menempati Pohon Besar tersebut salah satunya sosok yang sering menampakan dirinya sosok nenek tua serta gendoruo.

8. Tugu yudha

Tugu yudha mungkin sudah tidak asing lagi bagi para penggiat alam. Tugu yudha merupakan sebuah plakat yang dibuat untuk mengenang seorang pendaki muda yang hilang di tengah perjalanan. Dalam plakat tugu tersebut tertulis ‘Tempat berpisahnya saudara kami YUDHA SENTIKA, 23 Juni 1990. Tugu tersebut terkenal di kalangan pendaki Gunung Kerinci, karena sering dijadikan sebagai patokan jarak sebelum ke puncak gunung. Tugu Yudha merupakan dataran luas padang pasir yang terletak persis di antara Shelter 3 dan Puncak Indrapura.

Itulah beberapa fakta dan mitos yang ada di gunung kerinci. Bagaimana? Menarik hati untuk mencoba atau malah mengurungkan diri karna bulu kuduk merinding duluan, hahaha..
Previous Post
Next Post

post written by:

Blogger Newbie

0 Comments: